Disebuah daerah yang terletak di daerah Pujon Batu Malang, yang berlokasi di atas ketinggian 1135 meter di atas laut, adalah sebuah air terjun alami dengan ketinggian hampir 100 meter atau sekitar 84 meter lebih tepatnya. Tempat ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang wajib di kunjungi bagi warga yang ingin berliburan di Malang. Tempat ini dinamakan Air Terjun Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo – Mitos dan Legenda

legenda-air-terjun-coban-rondoCurahan air terjun Coban Rondo sangat indah dipandang dan luar biasa menyejukkan, namun tahukah anda bila lokasi tempat wisata ini juga terkenal karena mitos yang ada di belakangnya. Konon banyak orang yang mempercayai bila air terjun ini akan memberikan ujung yang tragis bagi sebuah pasangan dimana bila ada yang berpacaran di tempat ini, hubungan mereka akan putus di tengah jalan.

Mitos ini sebenarnya terkait dengan legenda yang ada di daerah ini yang berakhir tragis dan menjadi latar belakang diberi namanyanya air terjun ini. Adalah seorang putri yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo yang berasal dari daerah Gunung  Anjasmoro. Kedua sejoli ini jatuh cinta dan mereka singkat cerita memutuskan untuk mengikat janji dalam sebuah pernikahan.

Tidak berapa lama setelah pernikahan mereka yang baru hitungan hari, Dewi Anjarwati mengajak sang suami untuk mengunjungi rumah orang tua mereka yang terletak di Gunung Anjasmoro. Namun sayangnnya, keinginan dari sang Dewi ditentang oleh orang tuanya. Tradisi Jawa kuno waktu itu sangat kuat dimana dinyatakan bila pengantin baru dilarang untuk bepergian sebelum usia pernikahan mereka mencapai selapan. Keduanya tetap bersikeras untuk pergi meskipun hal ini ancamannya adalah kesialan bagi pasangan tersebut.

Akhirnya berangkatlah pasangan ini tanpa memperdulikan larangan orang tua Dewi Anjarwati. Namun ditengah perjalanan, mereka bertemu dengan Joko Lelono yang ternyata terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati dalam tatapan pertama. Joko Lelono tanpa pikir panjang langsung menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri sendiri diperintahkan oleh sang suami untuk bersembunyi dibalik air terjun sambil menunggu suaminya menjemput. Namun, tanpa disangka, kedua orang lelaki yang bertarung memperebutkan sang Dewi tewas! Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tidak bisa dia penuhi, dan akhirnya Dewi Anjarwati menjanda dan meratapi keadaan dirinya dari balik air terjun.

Hingga kini banyak yang mempercayai bila ratapan sang Dewi akan mendatangkan nasib jelek bagi pasangan yang berkunjung ke lokasi ini. Dan atas legenda di atas itulah air terjun ini diberi nama Air Terjun Coban Rondo. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi daerah ini, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Share!
  • 18
    Shares

mimin

Tukang warta mengasuh banyak kantor berita dan situ-situs lainnya seperti bigtravelindo.com, wartaperang.com, dongenganakdunia.com, sekertarisku.com dan banyak website lainnya.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Galeri

Wisata Malang Batu Dan Surabaya Yang Jadi Incaran Wisatawan

Dalam beberapa hari ini kami melayani banyak sekali wisatawan dari luar kota. Banyak dari mereka yang ingin menikmati wisata Malang Batu dan Surabaya sekitarnya. 3 kota ini sudah dikenal sebagai pusat wisata yang ada di Baca Selengkapnya…

Kabar-kabari

Masjid Tiban Malang atau Masjid Turen

Masjid Tiban adalah masjid dengan bangunan yang indah dan menjadi tempat tujuan wisata religius di Malang. Masjid ini sebut juga dengan nama masjid Ajaib, tempat ini ini merupakan bagian dari komplek Pondok Pesantren yang bernama Baca Selengkapnya…

Kabar-kabari

Pantai Sendang Biru Malang

Kabupaten Malang memiliki beberapa pantai yang oke untuk tujuan wisata. Salah satu diantaranya adalah Pantai Sendang Biru yang terletak sekira 30Km ke arah selatan dari Malang di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sekilas Pantai Sendang Biru Telah Baca Selengkapnya…

Chat WA Yuk