Rombongan WTC - Coban RaisDitengah perang dagang ekonomi yang dilancarkan oleh Amerika saat berita ini dibuat, yang menyebabkan rontoknya banyak mata uang dari beberapa negara, Indonesia termasuk salah satu negara yang juga terpengaruh. Dengan kondisi ini, Indonesia sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang luas tentu punya cara untuk mengatasinya untuk tetap menggerakkan roda ekonomi dalam negeri selain mengkonsumi barang import, yaitu dari bidang pariwisata tentunya.

Ada banyak daerah di Indonesia yang mengutamakan sektor wisata sebagai tiang guru dari perekonomian daerahnya, salah satunya adalah kota Batu yang berada di Jawa Timur. Keseriusan dari Batu dalam menggarap sektor wisata memang tidak setengah-setengah. Hal ini terbukti dengan Pendapatan Asli Daerahnya yang hampir semuanya berasal dari bidang pariwisata. Dan pengakuan bila Batu adalah kota wisata juga di akui oleh daerah lainnya. Hal ini terbukti dengan beberapa kali kami mendapatkan tamu yang merupakan pejabat daerah dari wilayah lain dari Indonesia yang melakukan studi banding ke Batu untuk bisa diterapkan di daerahnya.

Batu memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang diandalkan, salah satunya adalah air terjun Coban Rais. Awalnya, tempat wisata ini jarang diketahui oleh para wisatawan, namun sekarang menjadi tempat yang lumayan ramai. Apalagi pintu masuk ke Coban Rais ada jalan ke tempat wisata kuliner yang sedang hype saat ini yaitu Cafe Sawah.

Coban Rais Batu MalangKetika baru dibuka dahulu kala, Coban Rais hanya menawarkan spot air terjun saja. Perjalanan yang panjang menuju ke tempat tersebut tidak mendapatkan sentuhan yang banyak. Namun seiring semakin seriusnya Batu dalam mengelola tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya, saat ini sudah banyak dibangun spot-spot lain di sepanjang perjalanan ke air terjun yang bisa dicicipi oleh para wisatawan.

Dengan ditambahnya banyak fitur dan fasilitas di tempat wisata Coban Rais Batu Malang ini, minat para wisatawan menjadi semakin tinggi. Yang dahulu pengunjung setiap harinya mungkin hanya puluhan orang saja, saat ini setiap hari rata-ratanya bisa lebih dari 100 orang. Animo masyarakat yang luar biasa juga diperlihatkan ketika libur panjang lebaran kemarin, pengunjung ke Coban Rais Batu Malang ini mencapai puncak tertingginya dengan rata-rata perhari 4 ribuan orang!

Sekilas Coban Rais Batu Malang

Dikarenakan letak dari air terjun ini yang berada di sebrang dari sungai, pada awal dikenalnya air terjun ini dipanggil dengan sebutan Coban Sabrangan. Yup, nanti anda akan menyebrangi sungai terlebih dahulu untuk bisa mencapai air terjun ini, seru bukan?!

Air terjun yang berada di bagian timur dari Bukit Panderman ini termasuk dalam bagian dari daerah dusun Dresel, desa Oro-oro Ombo. Dengan perkiraan jarak sekitar 5 kilometer dari arah Barat Laut dari Batu. Bagi anda yang biasa berwisata ke beberapa air terjun lain sebelumnya, akan merasakan suhu dari air terjun ini lebih dingin dibanding air terjun lainnya. Hal ini bukan lain karena letak dari air terjun ini yang berada sekira 1.025m di atas permukaan laut. Dengan letaknya yang berada di ketinggian ini, Coba Rais Batu Malang yang mempunyai tinggi 75 meter dan miring dari tebing 90 derajat menjadi lebih dingin dibanding yang lain.

Tiket dan Tarif-tarif di Dalam Coban Rais

Coban Rais Batu MalangUntuk harga tiket masuk saat ini adalah Rp. 10.000. Memang dahulu harganya adalah Rp. 5000, namun setelah adanya perbaikan, penambahan fasilitas dan beberapa objek wisata yang dilakukan oleh perhutani, harga tiket masuk menjadi naik.

Jangan salah yah gaes, untuk harga tiket masuk ini baru untuk tiket masuk ke Coban Rais saja. Untuk masuk ke tempat wisata Batu Flower Garden yang ada didalamnya, anda harus merogoh kocek lagi untuk bisa berselfie ria disana.

Nah hati-hati untuk para pengunjung jangan sampai terkena jebmen (jebakan betmen). Tiket masuk untuk ke tempat ini adalah Rp. 25.000. Namun eit, hati-hati bagi anda yang membawa kamera action, maka akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 10.000. Nah begitupula untuk anda yang bawa kamera DSLR maka biaya tambahannya adalah Rp. 15.000. Dan biaya tambahan Rp. 75.000 akan dikenakan bagi anda yang menggunakan drone. Jadi ya gaes, awas malah berantem disana karena gak tau yah hehehe.

Dengan biaya yang telah dibayarkan, pengunjung akan dimanjakan oleh banyak jenis bunga-bungaan dan taman yang cantik. Di dalamnya ada 5 wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung, termasuk 2 spot untuk berfoto ria dengan gratis yaitu spot “Love” dan “taman bunga”.

Coban Rais Batu MalangNah, lagi-lagi anda jangan kaget ya, anda akan dikenakan lagi biaya tambahan Rp. 10.000 bila anda ingin berfoto di spot-spot lainnya yang disediakan, ada 4 spot foto lain yang tersedia dan sebenarnya lebih seru dibanding spot yang digratiskan. Mereka adalah spot foto “I Love You”, “Ayunan Ekstrim” dan “Sepeda Udara”. Untuk setiap spot ini akan dikenakan biaya Rp. 10.000. Dan spot yang terakhir adalah “Hammock Tower” dengan biaya dikenakan adalah Rp. 15.000.

Oh iya gaes, untuk pengambilan foto di spot-spot tersebut dilakukan oleh fotographer profesional yang sediakan. Mereka akan melakukan 3x pengambilan gambar dan anda akan diminta memilih 1 buah foto yang terbaik. Tapi bila anda ingin juga memiliki 2 foto yang lain, anda bisa menebusnya dengan harga Rp. 5000 per file.

Tapi tidak usah khawatir, anda bisa kok melakukan foto-foto di tempat-tempat lainnya dengan bebas. Namun harap di ingat, spot-spot foto yang ekstrim ini tidak banyak ditawarkan oleh tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia lho. Mungkin anda hanya bisa melihat ini di Ayunan Langit Bali, atau bisa juga di Lampung yang terkenal dengan Muncak Tirtayasa Teropong Langitnya, dan beberapa tempat lainnya di Indonesia.

Bagaimana dengan parkiran? Anda tidak perlu khawatir karena Coban Rais Batu Malang menyediakan area parkiran untuk motor dan mobil. Biaya parkir untuk motor dikenai dengan harga Rp. 2.500, sedangkan untuk mobil adalah Rp. 10.000.

Rute Menuju Air Terjun

Coban Rais Batu MalangAnda perlu menyiapkan stamina untuk bisa mencapai air terjun dari Coban Rais Batu Malang ini. Ketika telah sampai di pintu masuk awal, diperlukan perjalanan paling tidak sejauh 3 km untuk sampai ke air terjun. Untuk 1km dari awal jalan perjalanan, yaitu dari mulai titik masuk hingga ke Bukit Bulu, perjalanan masih relatif mudah. Nah rute yang mulai terjal dan sedikit menantang akan dimulai setelah melewati Batu Flower Garden. Dari sini, 2km perjalanan harus dilalui oleh para wisatawan menuju ke tempat air mancur. Bila anda tidak tahu dengan fisik seadanya, mungkin akan berhenti ditengah jalan!

Situasi ini bukan tidak diketahui oleh pengelola tempat lokasi ini yaitu Perum Perhutani Malang. Mereka telah berusaha memberikan aturan-aturan yang jelas untuk kenyamanan dari para wisatawan sendiri.

Perjalanan dari pintu masuk awal ke Batu Flower Garden ini ditempuh sejauh 1km, jalanan cukup mudah dan nyaman untuk dilewati karena sudah dirapihkan. Jalanan telah di paving block jadi pengunjung tidak usah khawatir kesulitan untuk melewatinya.

Bagi anda yang malas untuk melalui rute ini dengan berjalan, anda bisa menggunakan ojek yang ada disana menuju bukit Bulu dengan membayar Rp. 25.000.

Nah bagi agan/sista yang gak mau capek untuk sampe ke lokasi air terjun, bisa menyewa ojek trail langsung. Bila anda berangkat dari pintu gerbang masuk, itu biayanya Rp. 60rb untuk perjalanan pp.

Fasilitas di Coban Rais Batu Malang

Coban Rais Batu MalangKetika anda telah melewati pintu masuk dari tempat wisata ini, anda akan menemukan Cafe “Machete Cafe” tak jauh dari pintu masuk. Desain yang ditawarkan cukup unik dimana cafe akan terlihat seperti bebas di alam terbuka dengan pohon pinus yang mengelilingi.

Untuk menjaga agar theme alami tetap terlihat, untuk meja dan kursi juga menggunakan batang pohon yang dipotong sedemikian rupa sehingga tetap terlihat aslinya. Mereka juga menawarkan free Wi-Fi dan anda bisa melihat taman bunga yang cantik disini. Juga disedian beberapa hammock yang bisa anda gunakan.

Menu yang ditawarkan oleh cafe ini cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah Soto, paket daging beserta lalapnya, nasgor, bakso yang merupakan khas Malang, dan lain-lain. Makanan ringan seperti roti atau pisang bakar juga ada. Minuman juga bervariasi, namun unggulannya adalah kopi yang mereka dapatkan dari perkebunan lokal beserta susu sapi murni yang didapat dari peternak yang ada di wilayah tersebut.

Fasum lainnya yang bisa anda temukan adalah tempat parkir, kamar mandi dan toilet yang bisa anda temukan disekitar wilayah tersebut. Untuk Musholla bisa anda temukan sekitar Bukit Bulu.

Coban Rais Batu MalangDi dekat pintu gerbang masuk, anda akan menemukan dua buah gardu yang dibangun di atas pohon. Gardu yang satu letaknya lebih rendah dibanding yang satunya. Dan dari kedua tempat ini anda bisa melihat panorama dari Batu maupun tingkat tertinggi dari Mahameru bila cuaca sedang cerah. Setiap gardu hanya bisa di masuki maksimal oleh 5 orang ya gaes. Di sekitar spot ini juga anda akan menemukan para penjual jajanan yang bisa memanjakan anda.

Nah ketika anda melanjutkan perjalanan, anda akan mencapai Bukit Bulu. Disinilah anda akan dihadapkan dua pilihan, jalan yang satu menuju langsung ke Coban Rais sedangkan yang satu lagi dalah ke Batu Flower Garden seperti yang telah dibahas di atas.

Menikmati Petualangan di Coban Rais

Bagi pengunjung yang langsung ke Coban Rais atau melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun setelah mampir sejenak di Batu Flower Garden, harus betul-betul menyiapkan fisik sekaligus mental karena perjalanan menuju ke lokasi bakal melewati medan yang sangat ekstrim.

Coban Rais Batu MalangDari sini, perjalanan melewati jalan setapak ke lokai air terjun yang jauh akan dimulai. Persiapkan dengan matang perbekalan dan barang bawaan anda karena sepanjang perjalanan tidak ada penjual minuman atau pedagang. Fisik dan stamina harus terjaga. Tapi tidak usah khawatir, bila anda ingin segera sampai, anda bisa menyewa ojek spesial dengan motor trail untuk menuju kesana.

Bagi anda yang terbiasa berpetualang, sepanjang perjalanan yang ekstrim ini akan sangat menantang dan memanjakan mata! Batu-batu yang terjal, akar-akar pohon, kemiringan pendakian, semua pernak pernik alami akan memanjakan anda yang terbiasa untuk berpetualang di alam liar.

Sepanjang rute perjalananan anda akan melihat pemandangan yang indah dan ketika sampai, capai penat yang dirasakan akan terbayarkan dengan sejuknya air terjun Coban Rais dan indahnya pemandangan yang ada.

Disekitar air terjun ini juga ada hampran tempat kamping yang lumayan luas dan sering kali menjadi tempat untuk kemping bagi anak pemoka maupun organisasi-organisasi pencinta alam lainnya.

Oh iya gaes, jangan kaget bila di sekitar air terjun ini masih bisa ditemukan hewan-hewan liar, salah satunya monyet-monyet yang liar bergerak kemana-mana.

Cara Menuju Coban Rais Batu Malang

Tempat wisata Coban Rais Batu Malang bisa di capai dengan mudah dengan mengikuti peta di google maps maupun gps. Bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Bila anda berangkat dari Terminal Batu, maka ambilah arah ke Studio Batu TV berlokasi di Desa Dredel. Ikuti terus jalanan yang di aspal dari studio itu maka tidak begitu lama akan tiba di parkiran Coban Rais.

Untuk anda yang ingin memakai angkot, bila dari terminal Landungsari Malang, naiklah angkutan dengan kode BJL dengan warna kuning. Nanti sampaikan ke sopir bila anda ingin berkunjung ke Coban Rais Batu Malang. Jangan bilang ke “batu” saja karena ada angkutan lain yang warnanya pink tapi berakhir ke terminal Batu saja.

Dalam perjalanannya, anda akan melewati dahulu tempat wisata BNS. Bila diambil rata-rata, waktu yang ditempuh untuk perjalanan ini sekitar satu jam mengingat angkota kadang-kadang menaik atau turunkan penumpang. Setelah melewati BNS, anda bersiap untuk turun di pertigaan yang ada “Tugu Oro-oro Ombo”, jangan ragu untuk bilang ke sopirnya ya gaes.

Setelah turun di pertigaan ini, nanti akan terlihat petunjuk arah untuk menuju ke Coban Rais Batu Malang ini. Disana anda bisa menggunakan ojek dengan ongkos Rp. 10.000.

Bila anda ingin berjalan kaki dan benar-benar menikmati perjalanan, tidak usah kecil hati karena perjalanan kesana sangat mudah dari Tugu. Di tengah jalan anda akan menemukan perkampungan dengan nama “Kampung Satelit”, disini banyak disewakan home stay dengan harga mulai dari Rp. 100.000 per malam. Setelah anda melewati kampung ini, anda akan tiba di stasiun Batu TV, dari sini jarak ke Coban Rais sekitar 200an meter saja.

Bila ingin lebih nyaman lagi, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Malang yang ditawarkan oleh kami untuk menikmati Coban Rais Batu Malang ini. Selain tidak perlu khawatir dalam perjalanan, anda juga bisa bertanya ke driver-driver kami untuk mendapatkan masukan yang paling oke supaya waktu anda untuk berwisata di Malang bisa maksimal.

Please follow and like us:

Pos Terkait

Kabar-kabari

Cafe Sawah Pujon Kidul Malang, Wisata Kuliner Yang Menarik

Bila bicara tentang konsep, Malang memang tidak ada matinya untuk terus mengembangkan ragam tempat wisata. Salah satu diantara yang sekarang ramai menjadi tempt tujuan wisatawan berwisata ke Malang adalah Cafe Sawah Pujon Kidul Malang. Warga Baca Selengkapnya…

Kabar-kabari

Masjid Tiban Malang atau Masjid Turen

Masjid Tiban adalah masjid dengan bangunan yang indah dan menjadi tempat tujuan wisata religius di Malang. Masjid ini sebut juga dengan nama masjid Ajaib, tempat ini ini merupakan bagian dari komplek Pondok Pesantren yang bernama Baca Selengkapnya…

Kabar-kabari

Pantai Sendang Biru Malang

Kabupaten Malang memiliki beberapa pantai yang oke untuk tujuan wisata. Salah satu diantaranya adalah Pantai Sendang Biru yang terletak sekira 30Km ke arah selatan dari Malang di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sekilas Pantai Sendang Biru Telah Baca Selengkapnya…

WhatsApp chat
Amarta Hills Amarta Hills hotel Malang artis malang batu night spectacular bebek sinjay madura bns bukit jaddih Cafe Sawah Pujon Kidul Malang coban rais batu malang coban rondo coban rondo batu malang Eco Green Batu Malang galeri wisata harga sewa mobil Jatim Park 1 kabar artis di malang kampung warna warni kuliner malang Masjid Tiban Malang Masjid Turen museum angkut malang Museum Satwa Batu Malang paket tour bromo paket wisata batu malang paket wisata bromo paket wisata bromo murah paket wisata malang paket wisata malang batu pantai balekambang malang pantai goa cina pantai sendang biru paralayang batu malang perjalanan bisnis malang petik apel malang sewa mobil malang taman langit batu tempat wisata malang tempat wisata malang batu travel bisnis malang video wisata malang warung wareg wisata bromo wisata ke selecta malang wisata kuliner malang wisata murah bromo