kampung warna warni malangNah kali ini kami akan mengulas sebuah tempat wisata lain yang merupakan bagian dari paket wisata Malang yang kita tawarkan yaitu Kampung Warna Warni Malang, sebuah kampung yang dahulunya adalah termasuk kampung kumuh yang kemudian disulap oleh kekreatifitasan anak-anak muda dari Universitas Muhammadiyah Malang. Bagaimana menuju kesana? Apa saja spot yang menarik untuk menuju kesana? Dan berapa harga tiket masuknya? Mari kita bahas yuuuk.

Sejarah Kampung Jodipan

Kampung warna warni Malang ini juga dikenal dengan nama kampung Jodipan. Dahulu sangat kumuh dan cara hidup masyarakat setempat juga tidak sehat. Sanitasi perkampungan ini sebelum disulap oleh para mahasiswa, sangat jelek. Penduduk pun terbiasa untuk membuang sampah sembarangan ke sungai. Namun, seiring semakin banyaknya pengunjung dalam maupun luar negeri, mau tidak mau hal itu merubah prilaku masyarakat sehingga mereka menjadi malu untuk tidak berbenah. Akhirnya efek sampingnya adalah masyarakat menjadi tahu kebersihan, sampah dikelola dengan baik dan sanitasi saat ini lebih terjaga.

Mahasiswa yang tergabung dalam Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang berada dalam Komunitas Guyspro adalah komunitas yang paling berperan penting akan metamorfosis kampung ini menjadi Kampung Warna Warni Malang. Nabila Firda yang merupakan koordinator komunitas Guyspro, menyatakan bahwa latar belakang dari berjalannya ide ini dikarenakan kampung Jodipan ternyata mempunyai pemandangan yang menarik dan sangat jelas bila dilihat dari Jembatan Brantas. Namun, karena kampung tersebut kumuh akhirnya pemandangan yang jelas terlihat adalah tidak elok.

Berangkat dari latar belakang yang tersebut di atas, akhirnya diluncurkanlah sebuah project bersama yang di dukung oleh CSR dari “Indana Paint”. Seniman yang terlibat tidak tanggung-tanggung adalah 30 tukang cat yang bekerja untuk melukis dan mewarnai dinding berikut atap rumah dari semua rumah yang ada di kampung Jodipan ini. Dalam pelaksanaanya, ternyata project ini mendapatkan sambutan yang hangat dimana warga sekitar dan personel dari TNI AU ikut terjun membantu project bersama ini. Dan voila! akhirnya kampung ini telah terlahir kembali menjadi sebuah kampung yang elok dipandang mata.

Spot Foto Menarik di Kampung Warna Warni Malang

Di kampung Jodipan ini pengunjang dapat melakukan selfie maupun foto beramai-ramai dengan latar belakang beberapa spot-spot foto yang menarik, seperti:

– Jembatan Embong Brantas
– Dinding Warna-Warni
– Lorong Payung
– Lukisan 3 Dimensi
– Tangga warna warni

Dan masih banyak lainnya, salah satunya adalah objek yang baru saja dibangun yaitu jembatan kaca yang menyambung kampung Jodipan dengan kampung tetangganya yang melintasi sungai. Banyak pengunjung yang ketakutan dimana melihat dari jembatan itu bisa langsung melihat ke arah bawah.

Fasilitas Kampung Warna-Warni Malang

Pengunjung tidak usah dirisaukan lagi dengan masalah fasilitas yang diperlukan. Berbeda ketika awal berdirinya dahulu, saat ini tempat wisata ini telah memiliki sarana yang lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir, pedagang makanan dan minuman dan sarana lainnya. Untuk tiket masuknya sendiri amat sangat murah meriah yaitu tidak lebih dari Rp. 2000 saja. Dan tiket itu sendiri berupa stiker yang bisa anda jadikan kenangan. Bagaimana dengan harga parkir? Bagi anda yang mengendarai motor dikenakan biaya Rp. 2000 sedangkan bagi pengunjuang yang membawa mobil, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000, dan bila anda menggunakan bis, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 – 25.000.

Dimana Kampung Warna Warni Ini?

Tempat wisata ini sendiri berada di Desa Jodipan, Kota Malang. Lebih rincinya wilayah ini terletak di bagian bawah dari jembatan rel kereta api dan pasar loak. Bila anda ingin berkunjung menuju kampung ini, ada bisa menghubungi kami dan kami akan senang hati mengantarkan anda.

Sumber: Disini

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Kabar-kabari

Cafe Sawah Pujon Kidul Malang, Wisata Kuliner Yang Menarik

Bila bicara tentang konsep, Malang memang tidak ada matinya untuk terus mengembangkan ragam tempat wisata. Salah satu diantara yang sekarang ramai menjadi tempt tujuan wisatawan berwisata ke Malang adalah Cafe Sawah Pujon Kidul Malang. Warga Baca Selengkapnya…

Kabar-kabari

Masjid Tiban Malang atau Masjid Turen

Masjid Tiban adalah masjid dengan bangunan yang indah dan menjadi tempat tujuan wisata religius di Malang. Masjid ini sebut juga dengan nama masjid Ajaib, tempat ini ini merupakan bagian dari komplek Pondok Pesantren yang bernama Baca Selengkapnya…

Kabar-kabari

Pantai Sendang Biru Malang

Kabupaten Malang memiliki beberapa pantai yang oke untuk tujuan wisata. Salah satu diantaranya adalah Pantai Sendang Biru yang terletak sekira 30Km ke arah selatan dari Malang di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sekilas Pantai Sendang Biru Telah Baca Selengkapnya…

WhatsApp chat
alamat sewa mobil malang Amarta Hills Amarta Hills hotel Malang artis malang batu night spectacular bns Cafe Sawah Pujon Kidul Malang coban rondo Eco Green Batu Malang galeri wisata gunung banyak malang harga paket wisata ijen harga paket wisata malang harga sewa mobil kabar artis di malang kampung warna warni kontak kuliner malang Masjid Tiban Malang museum angkut malang omah kayu batu omah kayu malang paket tour bromo paket tour ijen paket wisata batu malang paket wisata bromo paket wisata ijen paket wisata malang paket wisata malang batu pantai balekambang malang pantai goa cina paralayang batu malang petik apel malang rental mobil malang sewa hiace malang sewa mobil malang taman langit batu tempat wisata malang tempat wisata malang batu travel bisnis malang video wisata malang warung wareg wisata batu wisata bromo wisata ke selecta malang